Kuota Haji 2011-2012

Sulitnya berangkat haji bukan karena tidak mampu melunasi, atau tingginya biaya. Sulitnya haji karena peraturan pemerintah mengharuskan setiap orang harus antre. Saat ini di Jawa Timur, kuota haji reguler untuk tahun 2018-2019  sudah mulai menipis. Jika calon jamaah haji ingin menunaikan ibadah haji harus menunggu 7-8 tahun. Dan, bagi orangtua yang usianya sudah 60-an (lansia), kemungkinan untuk berangkat sangat kecil. Sebab, semakin bertambah usia,  kondisi kesehatan akan semakin lemah. Apalagi, calon jama’ah haji yang sering sakit, kemungkinan berangkat sangat sulit, kecuali memang Allah Swt menghendakinya.

Sejauh ini, masih belum ada upaya serius dari Depag untuk memprioritaskan kaum lansia. Mestinya, pemerintah sudah mulai memprioritaskan calon jama’ah yang usianya 50-60, agar suapaya mereka tidak terlalu lama menunggu antrean. Tidak sedikit dari orang tua merasa resah, gelisah, karena antrean yang sangat panjang. Mereka hanya bisa pasrah dengan aturan itu. Di sisi lain, ada jama’ah seseorang bisa berangkat menunaikan ibadah haji setiap tahun. Keberangkatan orang tersebut membuat cemburu para lansia yang menunggu antreanya 2-3 tahun. Sebagian lansia merasa was-was, kalau usianya tidak sampai. Mengingat usia Nabi Saw hanya 63. Sebagai pengikutnya, para lansia kadang hanya bisa pasrah atas aturan pemerintah ini.

Memang ada cara yang lebih cepat, yaitu mengikuti haji khusus (plus). Persoalan yang mendasar ialah masalah financial. Sebab, semurah-murah haji plus, masih cukup mahal, sehingga tidak bisa terjangkau. Dana haji plus berkisar U$ 6500-9000, ongkos ini tergolong sangat mahal bagi orang-orang desa yang penghasilanya tidak menentu.  Apalagi, haji khusus (plus), terlalu cepat dan singkat tinggal di Makkah dan Madinah.

Sulitnya Haji ini, akhirnya di sikapi oleh KBIH dan Biro perjalanan Haji dan Umrah dengan membuat tren baru, yaitu mengalakkan Umrah. Jadi, keadaan seperti saat ini memberikan keuntungan bagi sebagian biro Haji dan Umrah. Walaupun, tidak dipungkiri masih banyak biro yang agak nakal, seperti menjual paket murah dengan hotel yang cukup jauh, serta pesawat yang transit. Seperti menggunakan maskapai Brunai. Dengan alasan bisa transit ke Negara lain, sehingga bisa ber-keliling-kelinging kota. Bagi masyarakat pedesaan, ini sangat menarik, tetapi bagi masyarakat kota besar, ini sangat menjemukan.

Terlepas dari itu semua. Ternyata, masih banyak Biro Perjalanan Umrah dan Haji yang bagus, terjangkau dan professional. SAHID TOUR: Haji & Umrah misalnya, bekerja sama dengan BSM (BANK SYARIAH MANDIRI), hanya dengan U$ 1000, dapat kuota 2012. Selanjutnya, bisa mencicil selama kurang lebih satu tahun. Ini sangat memudahkan, karena jama’ah haji bisa menabung setiap saat, hingg waktu yang telah ditentukan. Dan masih ada biro-biro lainnya, dengan tujuan yang sama. Bukan hanya SAHID TOUR, LINDA JAYA< juga melakukan hal yang sama. Sebab, cara yang demikian memberikan kemudahan bagi calon jama’ah haji.

Jika di atas disampaikan bahwa Quota Haji Reguler sudah sampai tahun 2018. Ternyata, Haji Khusus (PLUS), Quota untuk tahun 2011 sudah memasuki waiting list (daftra tnggu). Akan tetapi, pemerintah SAUDI, setiap tahun menambah jumlah kuota hajinya. Sehingga, calon jama’ah ‘’Waiting List’’. Kadang bisa berangkat tahun 2011. Tetapi, ini masih belum bisa dipastikan, sebab kebiasaan dari pemerintah Arab Saudi,  yaitu baru mengumumkan jumlah tambahan kuota pada pertenggahan tahun.

Bagi yang  sudah berniat menunaikan ibadah Haji. Secara financial sudah cukup, dan sehat secara fisik alangah lebih baik, jika memilih haji khusus, sehingga ibadah selama di Makkah dan Madinah lebih nyaman. Namun, jika belum cukup, jangan menunda niat baik itu. Daftarkan segera ke Depag haji reguler, walaupun harus antre panjang. Sebab, niat seseorang untuk menunaikan ibadah haji, kemudian dibuktikan dengan mendaftarkan diri dengan membuka tabungan haji. Jangan kuatir, seadainya meninggal dunia, tetapi belum sempat berangkat ke Makkah. Ketahuilah, kelak Allah akan membangkitkannya dengan mengenakan kain ihram seraya mengatakan ‘’ Labbaik Allahuma Labbaik….’’. Sebab, Allah telah mencatatnya sebagai jama’ah haji secara sempurna. Wallau a’lam

 

 

 

 

About these ads

20 thoughts on “Kuota Haji 2011-2012

  1. asslamuaikum , saya mau bertanya untuk no porsi haji khusus no 3000089878 dan 3000089886 berangkatnya tahun berapa ?

  2. sy tinggal di medan, rencana mau segera daftarkan haji reguler utk 2 orang (suami-istri). sebaiknya siapa yang harus saya datangi? dan kapan sy bisa mendapat nomor porsi? tks.

  3. Assalamu ‘ alaikum wr. wb.
    Saya setuju dengan antree panjang, namun tujuan ibadah ini tentunya ikhas dengan mendahulukan lansia. Bagi lansia yang terdaftar diprioritaskan sesuai dengan prinsip Islam yang tidak ego. Semoga pendapat ini dapat di apresiasi oleh semua pihak.
    labbaik allahumma labbaik.
    Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s