Makna Haji dan Umrah

Haji berasal dari bahasa Arab, menurut pengertian sederhanya ialah ”menuju kota Makkah”. Sedangkan secara istilah (etismologis), haji berarti pergi menuju tempat yang diagungkan (Makkah). Sedangkan menurut istilah fikih, para ulama’ sepakat bahwa pengertian Haji menurut (terminologis), berangkat menuju Makkah dengan tujuan melakukan ritual ibadah tertentu dengan melaksanakan manasik haji, pada waktu (mikot zamani)[1] dan (mikot Makani), tertentu dengan cara yang tertentu pula.  Imam al-Jurjani mengatakan:’’ Haji ialah niat menuju baitullah dengan sifat-sifat tertentu, waktu tertentu serta syarat-syarat tertentu.[2]

Nabi sudah bisa membaca, bahwa sutau ketika pelaksanaan haji pasti akan banyak perbedaan. Oleh karena itu, beliau mewanti-wanti kepada semua pengikut setianya, agar supaya meneladani manasik beliau Saw secara utuh tanbah ditambah, dan dikurangi. Ketika Nabi Saw sedang berada di Mina (mabit), setelah merampungkan jumrah akobah, Saw menuturkan:

خُذُوا عَنِّى مَنَاسِكَكُمْ فَإِنِّى لاَ أَدْرِى لَعَلِّى أَنْ لاَ أَحُجَّ بَعْدَ حَجَّتِى هَذِهِ ) رواه أحمد رقم 14793)

‘’Abilalah kalian semua dariku, tata cara melaksanakan manasik haji, sesungguhnya aku tidak mengerti, barangkali aku tidak bisa menunaikan haji setelah haji sekarang ini (H.R Ahmad).

 

Kendati demikian, realitas dan fenomena yang berkembang di masyarakat masih banyak perbedaan tata cara pelaksanaan ibadah haji, seperti mikot haji dan umrah di Jeddah. Hadis ini menjadi rujukan utama, di dalam melaksanakan manasik haji, hendaknya sesuai dengan tuntunan Nabi Saw. Yang jelas, hadis ini menjadi motifasi bagi setiap ulama’ serta jama’ah haji dan umrah agar supaya menyempurnakan ibadah sesuai dengan sunnah (tuntunan) Nabi Saw.

Sedangkan haji jika dilihat dari segi filsafat ialah sebuah ritual kegamaan yang mana pelaksanaanya mesti di awali dengan niat yang suci, menuju tempat yang suci. Setiap jamaah haji disunnahkan mengenakan pakain serba putih bersih, yang mencerminkan kebersihan dan ketulusnan hatinya. Dan, ketika sedang berada di Arafah, semua melakukan ritual wukuf, lisan mereka tak henti-hentinya mengucapkan:’’Ya Allah, aku penuhi panggilanmu’’ Labbaik Allahuma Labaik’’.

Selama pelaksanaan manasik haji, semua orang dilarang mengenakan pakain berjahit serta berwarna warni, wewangian, seolah-olah Allah mengatakan kepada mereka:’’ wahai hambaku, sejauh mana ketundukan kalian kepadaku (Allah). Pada saat itulah, manusia benar-benar dituntut patuh nan unduk terhadap-Nya, semua apa yang diperbolehkan menjadi larangan hingga usai pelaksanaan ibadah haji. Jika seorang haji memulai dengan niat bersih, tulus, serta biayanya bersih dari barang-barang terlarang, maka ia akan bersih dari segala dosa-dosa.

Umrah menurut pengertian bahasa berarti Ziarah (berkunjung). Sedangkan menurut pengertian etimologis yaitu berziarah mengunjungi Makkah (baitullah) dengan tujuan khusus ibadah (al-Nusuk) yaitu thowaf dan sai[3]. Ibadah umrah itu bisa dilakukan pada waktu-waktu  kapan saja. Yang membedakan antara haji dan umrah ialah, bahwa pelaksanaan haji pada bulan ‘’Ashurun Ma’lumat’’ (mikot zamani) serta dimulai dari tempat tertentu’’mikot makani’’.  Sedangkan umrah bisa dilakukan kapan saja, tidak terikat oleh waktu. Namun, waktu yang paling istimewa adalah bulan ramadhan.

Terkait dengan umrah pada bulan ramadhan, Nabi Saw pernah menuturkan:’’ Umrah dibulan ramadhan bagaikan ibadah haji’ bersamaku.   Para ulama’ sepakat, yang dimaksud haji bersama Nabi Saw adalah pahalanya seolah-olah haji bersama Nabi Saw.[4] Tersirat jelas dalam keterangan hadis ini, bahwa beliau Saw begitu memulyakan bulan suci ramadhan, sehingga umrah-pun dianjurkan bulan Ramadhan.

 


[1] . Bulan Syawal, Dzulq’dah dan Dzulhijjah.

[2] .  Al-Zuhaili, Muhammad.Dr. Al-Islam Fi al-Madi wa al-Hadir-Dar al-Qolam-Damaskus. 1993.

[3]. Al-Hambali, al-Najdi, Ahmad, Usman1997. Hidayatu al-Rahib li Sarhi umdah al-Tolib”(Dar al-Sobuni-Halab-Syira). hlm 206.

[4] . Samsulhak, al-Adzim. Aunu al-Ma’bud Sarah Sunan Abi Dawud- (Dar al-Kutub ilmiyah-Beirut) hlm 5/321

>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s