CARA MAKAN NABI

Ketika sahabat bertanya kepada Ummul Mukminin, Siti Aisyah, apakah akhlak Rosululloh, jawabannya adalah Al Qur’an. Maka dalam soal makan, Rosululloh mengaplikasikan bimbingan Alloh dalam Al Qur’an.

Pertama, porsi makan ” Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS: Al A’Raaf (7) : 31). Dalam keseharian Nabi mempraktekkan, “ Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang, isilah perut kalian dengan 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara. Orang yang paling disukai Alloh diantara kalian yang paling sedikit makannya dan paling ringan tubuhnya (HR. Ibnu Abbas). Rosululloh benar, porsi makan yang berlebihan, tidak selektif dalam memilih menu, mengkonsumsi makanan yang toksik memicu berbagai penyakit diantaranya diabetes mellitus (gula), jantung koroner, hipertensi, gout (asam urat), neoplasma (kanker), peracunan, gastritis dan penuaan dini.

Kedua, memilih makanan yang bermanfaat,” Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Alloh, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah. (QS : Al Baqoroh (2) : 172).

Ketiga, kehalalan makanan,”Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Alloh kepadamu; dan syukurilah nikmat Alloh, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. (QS : An Nahl (16) : 114).

Yang lain Rosululloh menerapkan soal variasi makanan,” Makanlah kalian berbagai macam makanan karena sesungguhnya bila makanan yang satu panas maka bisa dipadamkan oleh makanan lain yang dingin.”

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke CARA MAKAN NABI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s