HAJAR ASWAD, Tempat di Kabulkan Do’a

Disamping tempat berkah nan mulya, karena adanya teks al-Qur’an dan Sunnah. Hajar Aswad juga termasuk tempat dikabulkan do’a. Di dalam sebuah keterangan hadis, Ibnu Umar pernah menuturkan:’’ pada rukn Yamani ada dua malaikat yang senantiasa meng-amini, setiap do’a yang dipanjatkan, dan pada Hajar Aswad jumlah malaikatnya tidak terhitung’’.
Malaikat yang berada di Hajar aswad sangat banyak jumlahnya, mereka senantiasa meng-amini setiap do’a yang dipanjatkan oleh orang yang sedang melakukan ritual thowaf. Oleh karena itu, setiap putaran towaf dianjurkan berdo’a, dan tidak diharuskan menggunakan bahasa Arab. Do’a berbahasa Indonesia, Arab, Jawa, Madura, Sunda, semuanya tetap akan di Amini oleh malaikat yang bertugas disetiap sudut baitullah. Sungguh beruntung, mereka yang senantias berdo’a di sekitar rumah Allah yang penuh berkah dan kemulyaan.
Di dalam sebuah redaksi lain, diredaksikan dari Humaid Ibn Abi Sawiyyah ra, ia mengatakan:’’ Aku telah mendengar Ibn Hiysam bertanya kepada Ato’ Ibn Abi Robaah seputar rukun Yamani, sedangkan ia sedang melakukan ritual towaf, maka Ato’ menjawab:’’ Abu Hurairah telah menceritakan kepadaku, bahwa Nabi Saw menuturkan:’’ telah diwakilkan terhadap rukun Yamani tujuh puluh malaikat. Barang siapa berdo’a :’’
اللهم إني أسألك العفووالعافية في الدنيا والأخرة, ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار. قالوا : آمين
Artinya:’’ Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu pengampunan (atas dosa-dosa) dan kesehatan (jasmani) di dunia dan juga di akhirat. Tuhanku berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan juga di akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksaan api Neraka. Maka para malaikat menjawab :’’ Semoga Allah mengabulkan do’anya’.
Ketika sampai di Hajar Aswad, ia bertantya:’’ Wahai Aba Muhammad, lantas bagaimana ketika sampai di Hajar Aswad? Ato’ menjawab:’’ Abu Hurairah telah menceritakan kepadaku, sesungguhnya ia telah mendengar dari Nabi Saw sedang bertutur:’’ barang siapa menyalaminya, sesungguhnya ia menyalami tangan Allah (Yadu al-Rahman)…! Dengan istilah lain, Hajar Aswad adalah perwakilan Allah yang ada dimuka bumi (Makkah), siapa yang menyapanya, seolah-oleh menyapa-Nya.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 Balasan ke HAJAR ASWAD, Tempat di Kabulkan Do’a

  1. ferdy berkata:

    Asalammu’alaikum,

    Ketika sampai di Hajar Aswad, ia bertantya:’’ Wahai Aba Muhammad, lantas bagaimana ketika sampai di Hajar Aswad? Ato’ menjawab:’’ Abu Hurairah telah menceritakan kepadaku, sesungguhnya ia telah mendengar dari Nabi Saw sedang bertutur:’’ barang siapa
    menyalaminya, sesungguhnya ia menyalami tangan Allah (Yadu al-Rahman)…! Dengan istilah lain, Hajar Aswad adalah perwakilan Allah yang ada dimuka bumi (Makkah), siapa yang menyapanya, seolah-oleh menyapa-Nya.
    pertanyaan saya hadist di atas sumbernya dari mana dan kitab apa ? untuk di cek kebernarannya,hadist di atas kurang jelas buat saya,
    Ketika sampai di Hajar Aswad, ia bertanya:’’ Wahai Aba Muhammad, lantas bagaimana ketika sampai di Hajar Aswad?
    pertanya saya siapa yang bertanya kepada Aba muhammad menurut hadist di atas ?
    mohon balasan dan penjelasannya

    • qosdie berkata:

      Lihat kitab ”Fadlu al-Hajar Awad wa Makom Ibrahim (Said Bagdas) Cetakan Dar al-Basyair al-Islamiyah). Sifaul al-Gharam bi Ahbari al-Baladi al-Haram :(al-Fasi) cetakan Darul KItab al-Arabi-Beirut).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s