Menyambut Kehadiran Tamu Allah Swt

Menyambut Utusan Tuhan (Jama’ah Haji)
Keberangkatan jama’ah haji diiringi dengan sholawat Nabi, talbiyah, Adzan. Tidak sedikit dari tetangga, sahabat, dan kerabat dekat ikut hadir, mereka melepasa jama’ah haji dengan tetesan air mata, hingga calon jama’ah haji meninggalkan bandara. Selama empat puluh hari mereka menghabiskan waktu di Makkah dan Madinah. Berarti, jika program haji reguler itu dilaksanakan dengan sempurna, maka setiap jama’ah haji menghabiskan waktuya sekitar 40 hari di Makah dan Madinah. Jika dibagi dua, maka mereka telah melaksanakan sholat berjama’ah kurang lebih 40 sholatan (salam) selama di Madinah dengan program (arbain).
Dengan perincian rakat, sekitar 17 rakkat x 8 hari = 138 rakaat selama di Madinah. Beluam ditambah dengan sholat sunnah lainya, seperti; Sholat Duha, Tahajut, Witir, serta sholat rawatib lainnya. Jika dikalkulasi, maka setiap jama’ah haji akan mendapatkan pahala sekitar 160000 pahala. Sebagaimana keterangan Nabi Saw yang artinya:’’ Sholat di masjid ini (Nabawi) lebih baik dengan pahala1000, dari pada sholat di masjid lainya, kecuali masjidil haram (H.R Bukhori). Dan, sholat di masjidil haram pahalanya 100.000. Dengan, demikian jama’ah haji yang rajin sholat berjama’ah telah mengantongi pahala 160000. Sholat berjama’ah 1 tahun, pahalanya masih kalah dengan sholat berjama’ah selama 8 rahi (40 salam) di Madinah.
Dalam sebuah guyonan anekdot. Seorang jama’ah haji bercerita kepada rekan-rekannya;’’ Kang…kita sudah sholat berjama’ah, berarti kita masih memiliki celengan pahala. Walaupun nanti sepulang dari haji tidak sholat, pahala kita masih banyak…! Mendengar Anekdot ini, para jama’a lainnya berkelekar;’’ Makanya, tetanggaku itu sering umrah, walaupun dirumahnya jarang sekali sholat. Mungkin karena banyaknya pahala sholat di Makkah dan Madinah. Cak Kasturi-pun menjawab:’’ begitulah keyakian orang yang tidak ber-ilmu, masak tidak sholat kok masuk surga…mana mungkin…?
Sedangkan sisa waktunya dihabiskan di Makkah. Dan, pahala ibadah di Makkah, pahalanya jauh lebih banyak. Nabi Saw menuturkan bahwa pahala sholat di Makkah itu 100.000, jika dibandingkan dengan sholat ditempat lain. Jadi, sekitar 30 hari berada di Makkah. Jika calon jama’ah haji sholat berjama’ah serta ritual ibadah sunnah lainya dengan ihlas, maka bisa dipastikan mereka akan memperoleh pahala sekitar 15.000.000. Tidak ada yang lebih banyak dari pahala yang dilakukan, keculi akan mendapatkan balasan dari tuhan.
Hari ini, jama’ah haji mulai menginjakkan kaki ke tanah air. Sebulan lebih mereka beribadah. Wajah-wajah mereka penuh dengan cahaya, auranya memancar cerah karena selama dikota suci, jiwa dan raga dicuci. Semua amal ibadah membuat mereka semakin cerah. Wajar sekali jika mereka mendapatkan sambutan istimewa dari kerabat dan family. Tetangga, teman, berdatangan berebut bersalaman, karena ingin memperoleh berkah do’a dari jama’ah haji yang baru datang dari tanah suci. Namun, kadang jama’ah haji yang baru datang, ternyata tidak bisa berdo’a. Karuan saja, dia kadang berdo’a apa adanya. Sampai kadang muncul sebuah guyonan yang mengelikan bahwa ternyata doa yang dibaca itu adalah do’a mau masuk WC. Jadi, jama’ah yang meng-amini sepulang dari ziarah haji mencret semua. Semoga, ini tidak pernah terjadi pada jama’ah haji Indonesia yang hari ini mulai berdatangan di tanag Air. Wallahua’lam.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s