HSBC Amanah: Jama’ah Haji Bisa Ambil Real di Arab Saudi

HSBC salah satu bank Internasioal sudah memiliki cabang dimana-mana. Indonesia salah satu Negara yang menjadi bidikan HSBC Amanah. Dikota-kota besar Indonesia, seperti; Jakarta, Surabaya, Bandung,  sudah membuka HSBC AMANAH. Tujuannya tidak lain, agar supaya bisa memberikan kemudahan kepada nasabah HSBC yang berada di Indonesia. Oleh karena itu, HSBC Amanah terus menerus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya kepada setiap nasabahnya dimana saja berada, termasuk bagi nasabah yang sedang menunaikan haji dan umrah di Makkah.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, kalau bank-bank yang berada di Indonesia memeluk islam, walaupun orang-orangnya bukan ber-agama islam. Setidaknya, mereka ingin memberikan pelayanan per-bank-kan islam terhadap masyarakat Islam Indonesia. Sebab, pertumbuhan Bank Syariah sangat signifikan di bumi Indonesia. Fenomena ini sudah menjadi pemadangan umum. BCA, Mega, BRI, Mandiri, BTN, BNI, Muamalat dan masih banyak lagi, rame-rame membuka talangan haji, sebagai bentuk pelayanan terhadap umat islam Indonesia. Walaupun tidak dipungkiri, bank itu juga mencari tambahan profit.

HSBC selaku Bank asing juga tidak kalah. Mungkin satu-satunya bank asing yang telah memeluk islam.  Dengan nama HSBC AMANAH. Bank ini ikut serta menerapkan praktek Syariah. Mengingat jumlah penduduk Indonesia cukup besar dengan jumlah umat Islam dominan, maka potensi pengembangan HSBC AMANAH cukup menjanjikan. Oleh karena itu, pada 2, Juli, 2010 HSBC bekerjasama dengan Bursa Efek Jakarta mengenai pasar Modal Islam yang ditujukan kepada Jurnalis. Workshop  ini menjelaskan seputar informasi terkini masalah pada produk Syariah Pasar Modal.a.

Dalam dunia perbank-kan, label Syariah sangat perlu dan penting. Sebab, syistem perbangkan syariah itu benar-benar bisa saling memberikan keuntungkan antara nasabah dan bank Syariah itu sendiri. Di sisi lain, ketika sebuah bank  telah memutuskan berjalan sesuai dengan Syariah, maka kemungkinan terjadinya pelanggaran-pelanggaran sangat kecil. Sebab, Bank Syariah bukan hanya systemnya, tetapi juga mengajak pada insan perbankan meng-aplikasikan nilai-nilai syariah dalam bekerja.

Saat ini, Bank HSBC AMANAH bekerjasama dengan Bank di Arab Saudi. Kerjasama ini bertujuan agar supaya semua nasabah Bank HSBC AMANAH bisa mengambil uang  Saudi Real dengan menggunakan ATM HSBC di Arab Saudi. Sehingga nasabah yang sedang menunaikan ibadah haji atau umrah bisa bertransaksi ketika berbelanja di Makkah tanpa bersusah payah. Di Makkah, Madinah, Jeddah banyak ATM yang bisa digunakan untuk pengambilan Real Arab Saudi.

Oleh karena itu, bagi jama’ah haji Indonesia yang memiliki tabungan di HSBC, bisa dengan mudah fasilitas yang ada di Arab Saudi. Adapun bank yang bekerjasama dengan HSBB adalah  SABB BANK, SAUDI ARABIA BRITISH BANK. Bank ini bisa ditemukan di Makkah (al-Aziziyah) serta tempat-tempat penting lainya di kota suci Makkah, Madinah serta Jeddah sebagai pusat perbelanjaan internasional.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah, Seputar Haji dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s