ATM HSBC : Bisa Mengambil Real Arab Saudi

Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang terbit tanggal 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi. Wajar, jika bank-bank yang ada berlomba-lomba membuka produk khusus per-bankan syariah. HSBC satu-satunya bank Asing yang ingin bertarung di bumi Indonesia bersaing dengan bank-bank swasta.

Saat ini persaingan perbankan semakin hari semakin seru. Walaupun banyak bank yang kebobolan, tetapi tidak menyurutkan niat nasabah untuk menabung dan menyimpan uangnya di bank. Menyimpan uang di bank, lebih aman dari pada menyimpan uang di bawah kasur. Dalam kajian ekonomi syariah, menyimpan uang di bank itu dibolehkan dengan tujuan agar supaya aman dari kemalingan (pencurian) dan lain sebagainya. Sedangkan jika menyimpan uang itu karena bertujuan mengharapkan bungganya setiap bulanya. Dalam hal ini, ulama sepakat bahwa yang demikian itu hukumnya haram (riba).

Nabi Saw pernah menyampaikan bahwa riba itu termasuk dosa besar. Sekecil-kecil dosa riba, ibarat seorang anak laki-laki menikahi ibu kandungnya sendiri. Karena besarnya dosa riba, maka orang islam mulai berbondong-bondong menabung di bank Sayriah. Apalagi, bank-bank convensional sekarang mulai banyak yang bermasalah, Ini mejadikan peluang menguntungkan bagi insan perbangkan syariah.

Di antara bank asing yang ada di Indonesia, HSBC satu-satunya bank yang berani membuka syariah. Produknya diberi nama HSBC Amanah.  Latar belakang HSBC Amanah, kenapa membuka Syariah karena masyarakat Indonesia mayoritas Islam. Dan ini merupakan pasar yang sangat menguntungkan.

HSBC di Indonesia dimulai tahun 2007. Baru setahun kemudian, HSBC membuka produk Syariahnya. Tidak lama kemudian, HSBC mendapat kepercayaan yang cukup luar biasa. Berbagai cara dilakukan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat muslim Indonesia. Saat ini, rekening Amanah tersedia di 8 negara di seluruh dunia: Bahrain, Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, UAE & UK.

Arab Saudi menjadi salah satu Negara timur tenggah yang digandeng oleh HSBC. Sebab, Arab Saudi satu-satunya Negara yang menjadi tujuan umat islam dunia, khususnya Makkah, Madinah, dan Jeddah. Setiap tahun, tidak kurang dari 3-4 juta orang masuk dikota sacral itu. Dan, setiap orang yang masuk di kota sacral itu, sudah pasti memerlukan uang real (SR) untuk digunakan transaksi.

Untuk itu, bagi para pengguna HSBC Amanah, mereka bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh HSBC Syariah. Khusus bagi yang akan menunaikan ibadah haji tahun 2011 dan seterusnya. Mereka bisa mengambil uang lewat ATM di bank-bank Saudi sebagai berikut:

1-    ATM Sabb Bank  meliputi :  Al Baladiah, Al Kharj, Al Rass, Buraidah Onaizah, Riyadh.

2-    Khususnya di Makkah dan Madinah, ATM SABB BANK bisa di dapat di Hilton, Zamzam Tower, Hotel Oberoi Madinah, RAMA Hotel ATM MED, MADINAH DEPOSIT ATM, AL DEREA MADINAH, MEDINA BRANCH. Sedangkan di Jeddah, hampir disetiap tempat belanja, bisa ditemukan.

Bagi jama’ah haji asal Indonesia, dan juga umat islam lainnya, HSBC terus berusaha memberikan kemudahan kepada setiap nasabah dimana saja berada, khususnya bagi mereka yang akan menuanikan haji dan umrah di kota suci Makkah dan Madinah. Penarikan uang lewat ATM HSBC Amanah kurang lebih sekitar 10 juta. Dalam itungan SR (Saudi Real) kurang lebih sekitar  SR 4500-5000.

 

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Informasi.... dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s