Rencana Penambahan Kuota Haji 2011

Kuota haji Indonesia mengalami antrean yang cukup panjang. Bisa dipastikan, jika daftar haji tahun ini (2011), maka baru bisa berangkat sekitar 8-10 tahun kemudian. Nyaris, bagi warga Indonesia yang ber-usia lanjut (60-70), sudah tertutup untuk menunaikan haji, walaupun secara financial mereka mampu. Tetapi, apa boleh buat, mereka tidak lagi bisa daftar haji, karena merasa tidak cukup lagi usianya hingga menunggu 8-10 tahun lamanya.Begitulah keluhan orang Indonesia yang usianya sudah lansia.

Tahun ini, persiapan haji sudah mulai. Manasik haji sudah berlangsung dimana-mana. Depag sudah mulai membagikan seragamnya, dan memberikan penyuluhan haji. Jumlah jama’ah yang berangkat tahun ini juga tidak jauh dengan tahun kemarin. Kecuali, tiba-tiba pemerintah Arab Saudi mengabulkan permohonan menteri agama Surya Darma Ali untuk penambahan kuota haji. Di sisi lain, Depag juga harus berusaha mencari terobosan lain, guna mencari solusi agar antrean haji tidak terlalu panjang. Sebab, kasihan bagi mereka yang terlalu lama menunggu berangkat haji, padahal mereka sudah mampu fisik dan finansialnya.

Memang, pemerintah Indonesia masih menunggu kepastian  jawaban dari pemerintah Arab Saudi seputar penambahan kuota haji tahun 2011. Jika dikabulkan, sedikit akan menggurangi antrean. Sayogyanya, penambahan itu diprioritaskan pada calon jama’ah haji yang usianya sudah 50-60 tahun, yang mana sebagian besar dari mereka berasal dari pelosok negeri Indonesia.

Terkait dengan usaha penambahan kuota haji 2011″Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, sudah membicarakan soal penambahan kuota haji dengan pemerintah Arab Saudi bulan Maret 2011. Kepastiannya sekitar bulan Juli atau sebelum puasa,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat di Gedung DPR RI di Jakarta, Rabu (18/5).

Namun, pemerintah Saudi Arabia belum memberikan kepastian soal penambahan jumlah jemaah haji Indonesia. Sebab,pemerintah Arab Saudi juga harus membicarakan masalah haji dengan negara-negara pengirim jemaah haji.

“Terutama dengan negara-negara Timur Tengah karena kemungkinan banyak negara Timur Tengah yang berkurang jemaah hajinya tahun ini karena krisis politik,” kata Bahrul.

Indonesia tahun 2010 mengirimkan 211 ribu jemaah haji. Tahun 2011, pemerintah Indonesia meminta tambahan kuota haji menjadi 238 ribu jemaah.

“Insya Allah, kemungkinan nambah,” kata dia.

Bila permintaan penambahan kuota haji dikabulkan oleh pemerintah Arab Saudi, maka yang pertama kali akan dilakukan oleh Kementerian Agama mempersiapkan pemondokan dan catering.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Rencana Penambahan Kuota Haji 2011

  1. Hamba Allah berkata:

    Mohon kiranya penambahan porsi di prioritaskan yang berusia 50 thn -60 thn dan yang baru pertama kali menunaikan Ibadah Haji..klo hanya yg di prioritaskan usia 50 thn – 60 thn saja, nah bagi ( mereka orang berkantong tebal ) bisa aja mereka tiap tahun berangkat Haji ini yg membuat antrian bertambah panjang.. harap di tinjau ulang .
    berilah kesempatan kepada Saudara kita yg baru pertama kali menunaikan Ibadah Haji..semoga mereka menjadi Haji Mabrur..Amin..

  2. adit berkata:

    Yah, mudah – mudahan saja tidak terganjal pd kasus TKI.agar penambahan Kouta dpt di setujui Pihak Pemerintah Arab Saudi.dan kami semua dapat menjalan kan Perintah MU ya Allah..Amien.

  3. yon sutarno berkata:

    sampai hari ini tgl 26 agustus 2011 belum ada keputusan penambahan kuota haji, berarti …th 2011 benar2 tidak ada tambahan lagi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s