Sekjen Kemenag: Kuota Tambahan Haji Diputuskan Sebelum Ramadhan Jumat, 01 Juli 2011 14:05 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kuota tambahan haji 2011 yang diusulkan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Arab Saudi diperkirakan akan diputuskan pada Juli 2011 atau sebelum Ramadhan, kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat. “‘Kita masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi. Tapi diperkirakan akan keluar bulan ini,” kata Hayat kepada pers di Jakarta, Jumat. Hal tersebut disampaikan usai memberi pembekalan pelatihan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1432 H/2011 M di Asrama Haji Pondok Gede.

Menurutnya, Pemerintah Indonnesia telah meminta tambahan kuota haji 2011 sebesar 27 ribu orang, dari yang sekarang diperoleh 211.000 orang. Jadi jika permintaaan tambahan kuota disetujui maka tahun ini Indonesia bisa dapat jatah 238.000 orang yang dapat menunaikan ibadah haji. Dikatakan, haji sebesar itu antara lain nantinya akan diberikan kepada calon jamaah haji plus. Pemerintah Indonesia, kata Hayat, secara intens terus memantau perkembangan upaya memperoleh tambahan kuota.

Terkait dengan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), sekjen mengatakan, besarannya masih dibahas lebih matang. Untuk maskapai yag akan menerbangkan calon jamaah haji, dia mengatakan, saat ini ada tiga yang menawarkan yakni Garuda Indonesia, Batavia Airlines serta Saudi Arabia Airlines. Dia mengatakan, BPIH terkait dengan tingginya biaya bahan bakar pesawat. Mengenai maskapai mana yang nanti akan dipilih, dia mengatakan bahwa hal itu masih dievaluasi terlebih dahulu. “Evaluasi bisa terkait dengan penawaran termurah tapi tetap memberikan pelayanan yang baik,” kata sekjen.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah. Tandai permalink.

2 Balasan ke Sekjen Kemenag: Kuota Tambahan Haji Diputuskan Sebelum Ramadhan Jumat, 01 Juli 2011 14:05 WIB

  1. Hj. Acca berkata:

    Assalamualaikum wr. wb. Sy berharap dan berdoa kepada Allah, semoga ada penambahan kuota untuk haji khusus, sehingga sy dan suami bisa berangkat tahun ini di jalur resmi, amin. Semoga Allah membukakan hati pemerintah kerajaan saudi untuk menambah kuota haji RI secepatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s