Jika Garuda Bersaing Harga dengan Maskapai Lain..?

Salah satu pelayanan yang harus diperbaiki oleh penyelengara haji (Depag) yaitu masalah transportasi dan akomodasi. Seiring dengan perjalanan waktu, saat ini banyak maskapai yang bagus dan berkualitas. Sangat wajar, jika Depag tidak terpaku dengan Garuda, mengingat maskapai lain kadang lebih murah. Tetapi, yang perlu dicatat, jangan sampai karena murah, kemudian kenyamanan tidak terpenuhi, sebab perjalanan dari Indonesia membutuhkan waktu yang cukup panjang dan melelahkan. Jika maskapai lain berani dengan standarisasi Garuda dengan pelayanan lebih baik, kenapa tidak?

Angkutan Jamaah Haji, Tak Lagi Monopoli Garuda

Minggu, 19 Juni 2011 19:31 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Maskapai Batavia Air bisa turut menentukan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2011. Pihak Batavia Air sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Agama terkait kesanggupan menyediakan jasa pengangkutan jamaah haji dengan biaya murah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Chaerun Nisa, mengatakan Batavia Air sudah menyatakan kesanggupan melayani jamaah haji dengan biaya yang lebih murah dibandingkan maskapai Garuda Indonesia. “Memang belum mengajukan harganya berapa, tapi Batavia memang sanggup lebih murah,” kata Chaerun Nisa, Ahad (19/6).

Menurut Nisa, selama ini, jasa penerbangan jamaah haji hanya dilayani oleh Saudi Arabia Airlines dan Garuda Indonesia. Dominasi kedua maskapai tersebut membuat komponen biaya penerbangan haji menjadi suatu hal yang sulit dikoreksi. “Karena itu sudah sejak lama kita ingin ada maskapai lain yang bisa ikut,” ujarnya.

Walaupun demikian, penentuan maskapai mana yang akan digunakan untuk penerbangan jamaah haji, sepenuhnya berada di tangan Kementerian Agama. Usulan dari Kementerian Agama itulah yang kemudian akan mendapatkan penilaian dari DPR. Apabila Batavia berhasil meyakinkan Kementerian Agama untuk bisa turut melayani penerbangan haji, Nisa yakin komponen biaya penerbangan haji akan turun.

Nisa mengatakan, tahun lalu sebenarnya sudah ada dua maskapai nasional selain Garuda Indonesia yang mengajukan diri melayani penerbangan haji. Kedua maskapai tersebut adalah Lion Air dan Batavia Air. Namun kedua maskapai tersebut tidak jadi ikut melayani penerbangan haji lantaran mengundurkan diri (Lion Air) dan tidak memenuhi syarat yang ditentukan Kementerian Agama (Batavia Air).

Ihwal harga yang ditawarkan, politisi wanita asal Partai Golkar ini menyebutkan, ada selisih sekitar 200 dolar AS per jamaah. Perkiraan selisih harga tersebut diperoleh dari penawaran yang disampaikan Lion Air dan Batavia Air tahun lalu. Garuda menawarkan 1.800 dollar AS sedangkan Batavia dan Lion 1.600 dolar AS.

Namun demikian, Chaerun Nisa belum bisa memastikan biaya penerbangan haji untuk tahun ini. Baik Garuda Indonesia maupun Batavia Air sama-sama belum menawarkan harga yang spesifik. “Tapi kemungkinan selisihnya hampir sama dengan tahun lalu,” pungkasnya.

 

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah. Tandai permalink.

2 Balasan ke Jika Garuda Bersaing Harga dengan Maskapai Lain..?

  1. yusrinal berkata:

    Asal Batavia bisa memberikan Service yang lebih…tdk menjadi masalah bukan….tetapi Gareuda lebih berpengalaman….dr pad nanti Batavia .
    Masyarakat akan kecewa dibuatnya….

    • qosdie berkata:

      Sangat setju, sebab bagaimanapun Garuda masih menjadi pilihan utama. Akan lebih istimewa, jika harganya lebih murah lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s