Ongkos Haji Turun Lagi Tahun Ini

Ongkos haji tahun ini turun, waluapun tidak banyak. Bagi rakyat Indonesia yang mayoritas berpendapatan kecil, sangat membantu sekali. Namun, jangan sampai turunya ongkos haji ini, menjadikan pelayanan semakin memburuk.  Masyarakat Indonesia masih berharap banyak terhadap pemerintah sekarang, agar pelayanan kesehatan, ibadah, pemondokan, serta transportasi semakin bagus.

Menag: Ongkos Haji Sudah Final

Minggu, 24 Juli 2011 18:09 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Menteri Agama, Suryadharma Ali, menegaskan bahwa Biaya Perjalanan Ibadah Haji yang dibahas dengan Komisi VIII DPRRI sudah final. Menurutnya, angka biaya haji senilai Rp 30,7 Juta merupakan biaya yang sudah disepakati.

“Kan sudah sepakat,”ujar Suryadharma usai meresmikan Yayasan Pendidikan Khairul Imam, di Medan, Sumatera Utara, Ahad (24/7). Suryadharma mengungkapkan penurunan biaya haji hanya bisa dilakukan jika setoran awal semua jamaah haji dihabiskan demi efisiensi BPIH.

Akan tetapi, menurutnya, dana optimalisasi tersebut yang sudah terkumpul bukan hanya hak milik jamaah haji tahun ini. “Adalah juga hak bagi jamaah haji tahun depan,”ujarnya. Jika dihabiskan semua, ungkapnya, maka mereka yang akan menjadi korban.

Suryadharma menjelaskan BPIH tahun depan pun perlu didukung dengan saldo cadangan yang kuat agar harganya tidak melonjak tajam. “Ada asumsi makro yang harus diperhitungkan. Seperti harga fuel pesawat yang bisa naik tahun depan, atau manfaat bunga haji,”ungkapnya.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s