Mengintip Masyarakat Indonesia Jeddah

Masyarakat Indonesia yang tinggal di Arab Saudi masih cukup banyak. Walaupun hubunngan Indonesia dengan Arab Saudi tidak indah lagi, tetapi eksistensi masyarakat Indonesia masih terlihat ketika memasuki bulan suci Ramadhan. Setiap tahun, masyarakat Indonesia yang tinggal di Jeddah mengadakan kegiatan rutin. Tepatnya yaitu pada bulan Agustus, dan bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini tidak lepas dari tokoh masyarakat, seperti; Ir Fuad Abdul Wahab, Mahfud Lc. Sedangkan pusat kegiatan ke-agamaan terletak di  MASJID INDONESIA JEDDAH / TPA AL NASHIRIYAH DEPAN MOULINEX- Asy Sharafiyah

Jeddah, Saudi Arabia. Tempat ini menjadi pusat kegiatan masyarakat Indonesia dengan beragam latar belakang, seperti; para TKI, pegawai Amer Cargo, Diplomat, penggusaha, dll.

Memasuki bulan suci Ramadhan, masyarakat Indonesia sangat antusis di dalam menyambutnya. Terbukti, mereka telah membuat rangkaian acara untuk menyambut dan meramaikan bulan mulia. Sebab, di Arab Saudi tidak ada acara, sebagaimana di Indonesia. Para pesertanya meliputi masyarakat Indonesia, seperti; SIM (Sekolah Indonesia Makkah), Sekolah Jeddah, dan Santri TPA Annasiriyah Jeddah.  Pada tahun ini, kebetulan Ramadhan bertepatan dengan bulan agustus yang notabene bulan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, perayaan itu akan dirasayakan bersama-sama.

Bertepatan dengan Malam Nuzulul Qur’an tahun 1432 H, dan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 66. Maka, panitia Kegiatan Ramadhan Masjid Indonesia Jeddah mengadakan kegiatan :

1-      Shalat Tarawih Bersama

2-      Tadarus Al Qur’an

3-      Menerima dan menyalurkan Zakat Fitrah, Maal, dan Shadaqah melalui Masjid Indonesia Jeddah dan toko-toko Indonesia yang menyediakan Kupon Zakat.

4-       Mengadakan Musabaqah diantaranya :
a. Tahfidzul Qur’an dengan klasifikasi sebagai berikut :
1) Kategori Juz 30 (Juz ‘Amma) putera/puteri (dibawah umur 12 thn)
2)Kategori 5 Juz (Juz 1-5 atau 26-30) Putera/puteri (dibawah umur 20 thn)
3)Kategori 30 Juz putera/puteri (dibawah umur 40 thn)
b. Kaligrafi/Khot Qur’an Putera/Puteri
1)Tingkat anak2 dibawah umur 15 Tahun
2)Tingkat dewasa dibawah umur 20 thn
c. Lomba Pidato Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab Putera/Puteri 1

1 )Tingkat anak2 dibawah umur 15 thn
2)Tingkat dewasa dibawah umur 40 thn.
d. Lomba Adzan

Pelaksanaan Musabaqahdiatas dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Minggu – Selasa, 14-16 Agustus 2011
Jam : 17.00 WAS s.d selesai
Tempat : Masjid Indonesia Jeddah/TPA AL Nashiriyah dpn Moulinex, Sharafiyah Jeddah.

Pendaftaran peserta dibuka tanggal : 02 Agustus s/d 14 Agustus 2011
Tempat Pendafataran : Sekretariat Masjid Indonesia Jeddah.

Masyarakat Indonesia ternyata masih bisa kompak, walaupun mereka beragam jenis pekerjaan ada asal usulnya.  Nilai-nilai ke-Indonesiaan masih melekat kuat, walaupun mereka jauh, budaya Indonesia di Kota Jeddah masih terasa. Ini semua berjalan, tidak lepas dari kerjama antara masyarakat Indonesia yang ada di sana. Jadi, Ramadhan dan Agustusan di Jeddah terasa lebih bermakna dengan nilai-nilai al-Qur’an.

Budaya Masyarakat Indonesia yang sudah bertahun-tahun berjalan, bisa juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia di Jepang, Malaysia, Hongkong, Inggris. Dengan tujuan, agar supaya masyarakat Indonesia yang jauh dari keluarganya menemukan nuansa Indonesia. Sebab, tidak sedikit dari mereka yang sudah bertahun-tahun belum pernah pulang kampung.

 

 

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Informasi..... Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s