Dialog Interaktif Bapak dan Anak

Di dalam sebuah dialog interaktif antara anak dengan orangtua. Diceritakan terdapat seorang dan ayahandanya berangkat ke kebun dekat rumahnya untuk bersih-bersih. Kebetulan dikebun itu, terdapat sebuah pohon yang sudah besar dengan kondisi miring (bengkok). Melihat pohon itu, lantas sang anak bertanya kepada ayahnya:’’ Ayah….!kenapa pohon ini miring (bengkok)? Sang Ayah menjawab:’’ soalnya, waktu masih baru ditanam, pemiliknya tidak merawat dengan baik. Ketika miring, pemiliknya membiarkan begitu saja, seandainya waktu itu diluruskan, pasti tidak seperti ini.

             Sang anak dengan mudah menjawab:’’’’ Ayah, kalau begitu, mari kita berdua meluruskan….?Sang Ayah-pun menjawab sederhana:’’ Anakku sayang…..!kalau sudah besar begini, sangat sulit untuk diluruskan….!kalau kita paksa nanti akan patah…!

            Dialog anak dan ayah di atas mengisaratkan pentingnya pendidikan sejak usia dini. Sebab, meluruskan kenakalan anak ketika usianya masih dini (anak-anak) akan lebih mudah, dari pada meluruskan moral anak yang usianya sudah dewasa. Ketika usia anak sudah remaja, jika dipaksa kadang bisa membahayakan. Oleh karena itu, kadang Allah Swt menyebutkan bahwa anak itu kadang menjadi musuh. Sebagai orangtua harus berhat-hati, ketika menghadapi putranya.

Kendati demikian, al-Qur’an tetap menganjurkan orangtua agar supaya tetap memperhatikan anak-anaknya, terutama urusan sholat, walaupun sang anak sudah dewasa. Apa salahnya, jika seorang ayah hanya sekedar menanyakan:’’ Nak….!apa sudah sholat….!. Ini merupakan kewajiban bagi setiap orangtua untuk mengingatkan anaknya.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Anak. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s