Menag Masih Tunggu Persetujuan Kuota Haji

Selasa, 16 Agustus 2011 14:36 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan pihaknya hingga saat ini masih menunggu persetujuan Arab Saudi atas permintaan Indonesia menambah kuota sebanyak 27 ribu jemaah haji pada 2011 ini.

“Penambahan kuota belum ada jawaban, kita masih menunggu, kita belum tahu kapan dapat jawaban, ini masih kita kejar-kejar,” katanya seusai Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam sidang Bersama DPD RI dan DPR RI di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, dirinya tidak bisa memastikan kapan jawaban dari pemerintah Arab Saudi terkait permintaan itu. “Kita tidak tahu kapan ya,” katanya.

Sedangkan terkait dengan persiapan haji 2011, menurut Suryadharma, hingga saat ini 160 ribu paspor telah selesai dibuat. Begitupula dengan pengurusan visa sedang berjalan. “Sekarang sudah masuk tahap pembuatan visa, pelunasan sekarang sedang berlangsung,” katanya.

Ia mengharapkan pada awal Oktober nanti, jemaah haji telah mulai diberangkatkan.

Sementara itu, kuota haji Indonesia pada 2011 ini sebanyak 211 ribu jemaah haji. Antrean panjang untuk haji telah terjadi hingga beberapa tahun ke depan.

Kuota haji sudah bertahun-tahun tidak bisa memenuhi permintaan yang tinggi dari masyarakat Indonesia. Wakil Presiden Boediono saat umroh dan berkunjung ke Arab saudi meminta agar kuota haji dapat ditambah.

Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: Antara

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s