Hati-Hati Dengan Penipuan Hajian

Setiap tahun, jumlah jamaah haji yang tidak bisa berangkat ketanah suci banyak sekali. Umumnya, mereka adalah korban dari penipuan. Sudah jelas, bahwa kuota haji plus tahun 2012 sudah penuh. Ternyata masih ada saja travel yang menjanjikan bisa berangkat tahun 2012. Ada juga yang menjanjikan bahwa berangkatnya dengan menggunakan non-kuota, atau dengan melalui jalur lain. Ujung-ujungnya banyak yang tidak berangkat, karena tertipu dengan oknum-onum haji dengan mengatasnamakan pelayan tamu-tamu Allah Swt.

Ahir-ahir ini juga berkembang informasi bahwa dengan membayar 30 juta bisa berangkat haji plus tahun 2012. Padahal, tahun 2012-2013 sudah penuh. Ketika mendengar informasi ini, rasanya tersentak. Sebab, untuk reguler saja harganya 7-8 U$, ternyata ada yang hanya 30 juta bisa berangkat haji.

Oleh karena itu, hendaknya setiap calon jamaah haji, baik plus atau reguler haruslah berhati-hati di dalam memilih biro perjalanan haji atau KBIH. Dari sekian ratus travel haji dan umrah, ternyata tidak semua biro perjalanan itu mendapatkan ijin menyelenggarakan haji. Sebagian hanya diperbolehkan menyelenggarakan umrah saja. Tetapi, di dalam prakteknya travel itu tetap menerima pendaftaran haji, tetapi kemudian dilempar (dijual) kepada travel lain yang memiliki ijin penyelenggaraan haji.

 

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Informasi..... Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s