Ibadah Haji Menjadi Pelebur Dosa

Semua amal Ibadah yang diperintahkan oleh Allah Swt, seperti; sholat, puasa, sedekah (zakat), jika dilaksanakan dengan benar, serta sepenuh hati (tulus), ternyata mampu menghapus dosa-dosa manusia. Dengan catatan, ibadah itu dilakukan karena-Nya, dan tidak ternoda dengan beragam penyakit hati, seperti; riya’ sombong. Haji dan umrah jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ajaran Nabi Saw, ternyata bisa melebur dosa-dosa manusia. Nabi Saw pernah menyampaikan di dalam sebuah hadis yang artinya:’’Ibadah umrah keumrah yang lain merupakan penghapus (kaffarah) dosa.

Seorang sahabat yang bernama Amr bin Al-Ash pernah datang kepada Nabi Saw, ketika beliau belum memeluk islam. Ketika Amr mendekati Nabi Saw, beliau Saw mengatakan:’’ mana tangamu wahai Amr, akan aku baiat (sumpah). Amr menolak, karena merasa khawatir Amr tidak segera memberikan tangannya. Lantas Amr mengatakan kepada Nabi Saw, agar supaya memaafkan dirinya. Nabi Saw lantas mengatakan:’’ Apa engkau tidak tahu, bahwa islam itu menghapus apa yang pernah dilakukan sebelumnya (sebelum islam), sesungguhnya hijrah juga demikian, dan sesungguhnya ibadah haji juga menhapus dosa-dosa yang pernah dilakukan’’.[1]Jadi, ibadah haji yang benar sesuai dengan tuntunan Nabi Saw, serta dengan bekal ilmu dan harta yang halal akan mampu menhapus dosa-dosa manusia yang menggunung


[1] . HR Muslim

.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s