Cara Mutasi Haji

Mutasi ialah pindah tempat. Dalam masalah haji yang dimaksud mutasi ialah, memindahkan diri dari tempat pendaftaran haji, dengan alasan tertentu, seperti; karena ingin mendampingi orangtua. Biasanya mutasi haji reguler jika masih dalam satu provinsi masih bisa di lakukan dengan baik. Tetapi, jika sudah mutasi dari satu provinsi ke provinsi lain biasanya sulit. Kecuali ada ke-ajaiban Allah Swt, sehingga bisa dimudahkan.

Dalam haji khusus, atau yang lebih popular dengan haji plus. Seringkali calon jamaah reguler mutasi ke Haji plus. Karena sebagian besar tidak kuat menunggu antrean yang begitu panjang dan melelahkan. Haji biasa (reguler) antrean bisa sampai 8-10 tahun, sementara antrean haji khusus hanya 2-3 tahun. Daftar awal tahun 2012, akan masuk daftar tunggu tahun 2015. Tidak menutup kemungkinan, antrean haji khusus juga semakin panjang, menginggat calon jamaah haji saat ini semakin banyak dan meningkat. Apalagi, adanya dana talangan dari beberapa Bank Syariah, mejadikan semangat calon jamaah haji semakin meningkat.

Lantas bagaimana caranya mutasi haji dari reguler ke khusus? Gampang sekali. Calon jamaah haji reguler datang saja ke biro perjalanan khusus, kemudian mendaftarkan diri untuk menjadi jamaah haji, dengan ketentuan yang telah berlaku.  Tetapi, calon jamaah tersebut jangan sampai membatalkan regulernya, kecuali sudah memiliki kepastian mendapat kepastian dari biro perjalanan haji kapan keberangkatannya. Jangan sampai, ketika belum mendapatkan porsi khusus, membatalkan regulernya. Dan, biasanya setiap calon travel haji sudah memiliki informasi dan terbiasa menanggani masalah mutasi haji dari reguler ke plus.

 

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Seputar Haji dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cara Mutasi Haji

  1. johanes mahdur berkata:

    Assalamualaikum wr wb.
    keluarga saya domisili di dki jakarta, saya berasal dari kalbar, istri saya berasal dar kalsel. orang tua perempuan saya berdomisili di kalbar. InsyaAllah saya dan istri berniat mendaftar menjadi calon jamaah haji reguler.
    tanya
    apakah saya bisa mendaftar di wilayah kalbar dengan alasan karena InsyaAllah saya juga berniat membawa/mendampingi orang tua saya yang sudah lansia?
    apa saja syarat yang harus di siapkan?
    terimakasih.
    Wassallam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s