Jangan Membawa Senjata Ke Makkah

JANGAN MEMBAWA SENJATA DI MAKKAH

Makkah kota istimewa, tidak diperkanankan setiap orang masuk di dalamnya membawa senjata, atau benda-benda tajam, seperti; Pedang, Keris, Pistol, dll. Memasuki kota ini, harus dengan mengenakan busana irham, sebagai bentuk rasa tad’dim terhadap kota suci, sebagaimana Nabi Saw memulyakan kota ini. Tidak etis memasuki kota makkah dengan mengunakan kaos omblong, atau menggunakan busana tidak pantas.

Banyak sekali larangan-larangan ketika memasuki tanah haram, seperti ; memotong pohon-pohonan atau mengambil barang luqathah. Membawa senjata ke Makkah juga termasuk salah satu yang diharamamkan. Hal ini karena ada teks yang sangat jelas dari Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah Saew bersabda:

 

Diriwayakan dari sahabat Jabir RA, ia berkata’’ akau telah mendengan Nabi sedang bersabda” tidak diperkenankan bagi siapapun untuk membawa sejatka di Makkah”[1]. (HR Muslim).

 

Berangkat dari teks hadits di atas, seorang ulama’ besar di zaman Tabi’in, yaitu Hasan al-Bashri, berpendapat bahwa membawa senjata di Tanah Haram tidak diperbolehkan, baik dengan alasan membunuh atau berperang. Bagi orang yang sedang berhaji dan umrah hendaknya tidak membawa senjata, karena Nabi telah memberikan keterangan jelas seputar larangan membawa senjata. Saat ini senjata (al-Silah) bisa dikiaskan dengan senapan, pistol,  clurit, pedang, golok, belati, dan lain-lain. Wajarlah jika pemerintah memberikan aturan kepada setiap jamaah haji agar tidak membawa sajam (senjata tajam), walaupun untuk keperluan dapur. Sebab, di Makkah sudah banyak alat-alat tersebut.

 


[1] .Al-Nawawi, Syarof, Abu Zakariya, Sarah Shohih Muslim 9/111. Dar  Al-kutub al-Ilmiyah-Beirut

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Seputar Haji. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s