HAJI :Mempersiapkan Fisik Sebelum Berangkat

Rumah AllahOrang yang bisa melaksanakan perjalanan jauh berjam-jam dari Jakarta, Jeddah, Madinah, Arafah, Mina, dipastikan sehat fisiknya. Belum lagi, harus thofaf mengelilingi baitullah tujuh kali. Sai dari Shafa ke Marwa, yang jaraknya diperkirakan 3 km. Melontar jumrah selama menginap (mabit) di Mina. Dianjurkan, setiap calon jamaah harus berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya, dengan harapan sejaka perjalanan dari Makkah menuju Madinah, hingga balik lagi ke Makkah kuat dan sehat. Itulah sebabnya, Allah Swt menjelaskan di dalam Alqur’an bahwa syaratnya haji itu ‘’mampu’’ dalam semua aspek.

 

a-      Ulama fikih sepakat bahwa haji, Istitoah adalah syarat mutlak. Orang yang sedang sakit tidak diperbolehkan ibadah haji, karena akan menganggu ibadah orang lain. Bagi setiap calon jamaah haji, sudah menjadi kewajiban menjaga kesehatanya dengan banyak ber-olahraga, menjaga pola makan dan tidur. Dengan harapan, ketika berangkat menuju Makkah selalu dalam kondisi sehat wal afyat, dan kuat menjalankan semua pelaksanaan ibadah haji selama di Makkah dan Madinah.

 

b-      Latihan iklimitasisasi untuk menyesuaikan dengan iklim dan suhu di Makkah dan Madinah. Sebab, suhu udara di dua kota suci sangat berbeda dengan suhu di Indonesia. Ketika musim panas suhunya bisa mencapai 40-50 Celsius. Sedangkan ketika musim dingin suhunya bisa mencapai 10 derajat (Makkah), dan Madinah bisa 5 Derajat Celsius.

Pola Makan yang sehat. Biasakan minum air putih yang cukup. Ketika musim panas, selama di Makakh banyak minum air putih (zam-zam), agar supaya tetap sehat dan bugar. Sedangkan ketika musim dingin, diperbanyak makan buah agar supaya kulit tidak pecah-pecah. Yang perlu diperhatikan ialah, kebiasaan pola makan di Indonesia harus dirubah, karena kebutuhan kalori di Indonesia berbeda dengan kebutuhan kalori selama berada di Makkah dan Madinah (WWW.WISATAHAJI.COM)

 

.

Tentang Abdul Adzim

Abdul Adzim Irsad, telah menyelesaikan pendidikan sarjana bahasa Arab di Umm Al-Qura University Makkah, sekarang sedang menempuh program S3, jurusan pendidikan bahasa Arab di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pos ini dipublikasikan di Info Haji dan Umrah, Informasi...., Kesehatan, Pendidikan, Seputar Haji dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s